Welcome
back to my Blog! Kali ini saya akan membahas “administrasi alat tes psikologi” mengenai
seleksi karyawan. Pembahasan saya nanti akan difokuskan pada seleksi karyawan
untuk menempati posisi “HR Recuitment Officer”.
Pada
posisi HR Recuitment Officer, di butuhkan orang-orang yang mempunyai talent,
attitude yang baik, skill pada bidang ini, serta knowledge seputar recruitment.
Ada
beberapan kriteria yang dibutuhkan pada posisi ini yaitu:
- - Pendidikan min. S1
- - IPK min 3.00 dari skala 4.00
- - Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah kerja PT SUCOFINDO (PERSERO)
- - Mencantumkan kode posisi jabatan pada sudut kanan atas amplop
- - Tidak mempunyai hubungan keluarga dengan pegawai perusahaan sebagai suami-isteri; kakak adik kandung/tiri/angkat; orangtua-anak kandung/tiri/angkat
- - Max berumur 25th saat mengajukan lamaran
- - Belum menikah
- - Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai suatu instansi pemerintah atau swasta
- - Penempatan di Jakarta
- - Hanya yang memenuhi syarat yang akan dipanggil dipanggil untuk mengikuti seleksi di Jakarta
Job
Desk pada posisi ini sendiri itu antara lain:
1.
Rekap Pelamar ( Memasukkan
data-data ke Ms Exel )
2.
Menyiapkan alat tes
3.
Skoring alat tes
4.
Input data BPJS (masukkan
keterangan data pribadi)
Untuk menempati
posisi ini IQ yang dibutuhkan rata-rata atas (111-120), yaitu orang-orang yang
normal tetapi berada pada tingkat daya nalar yang tinggi. Dari beberapa jenis alat
ukur tes intelegensi hanya satu yang digunakan yaitu “CFIT”, mengapa digunakan
CFIT? karena pada alat tes ini memiliki waktu yang lebih ringkas dan tidak
banyak subtesnya jika dibandingkan dengan alat ukur tes inteligensi lainnya. Berikut
penjelasan dari CFIT:
Administrasi
CFIT
CFIT
terdiri atas 4 subtes dan setiap subtes harus dikerjakan dalam batas waktu
tertentu.
-
Subtes 1 – series (3
menit)
-
Subtes 2 – Classification
(4 menit)
-
Subtes 3 – Matrices (3
menit)
-
Subtes 4 – Condition /
typology (2,5 menit)
Peralatan
- - Buku soal CFIT
- - Lembar jawaban
- - Stopwatch
- - Alat tulis (pensil)
Instruksi
1.
Subtes 1 – series (3
menit)
Di sebelah atas, anda akan menemukan sederet kotak yang berisi
urutan gambar. Namun, kotak terakhir belum ada isinya. Tugas anda adalah
mengisi kotak tersebut dengan gambar yang sesuai, yang bias dipilih dari 6
pilihan jawaban yang tersedia, yaitu A, B, C, D, E dan F. Perlu diingat bahwa gambar-gambar
pada soal memiliki pola tertentu sehingga untuk mengisinya,anda perlu
mengetahui pola dari urutan gambar tersebut.
2.
Subtes 2 – Classification
(4 menit)
Pada setiap soal, anda akan menemukan 5 buah gambar yang
disusun secara berdampingan. Telitilah gambar-gambar tersebut. Tugas anda
adalah menemukan tepat DUA gambar yang memiliki karakteristik yang serupa. TIGA
gambar lainnya berfungsi sebagai pengecoh anda, sehingga berhati-hatilah dalam
menentukan pilihan.
3.
Subtes 3 – Matrices (3
menit)
Di bagian sebelah kiri, anda akan menemukan sebuah kotak
besar, yang didalamnya terdapat kotak-kotak kecil bergambar. Anggaplah ini
adalah gambar sebuah sapu tangan, di mana kotak-kotak tersebut memiliki pola
tertentu. Perhatikan bahwa bagian sebelah kanan bawah masih kosong. Tugas anda
adalah melengkapi bagian kosong tersebut dengan salah satu dari 5 pilihan
jawaban di sebelah kanan.
4.
Subtes 4 – Condition (2,5
menit)
Pilihlah satu dari kelima jawaban yang mencerminkan kondisi
yang sama dengan gambar contoh di sebelah kiri.
Selain IQ
rata-rata atas, pada posisi ini juga dibutuhkan orang yang kepribadiannya
teliti, detail, emosinya stabil, cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, serta
tekun. Untuk mengetahui orang yang memiliki kepribadian seprti itu, maka akan dilihat
dengan tes personality. Dari beberapa jenis alat tes yang ada pada tes personality,
nantinya yang akan digunakan hanya satu yaitu “Kreaplin”. Mengapa kreaplin? Karena
waktunya pengerjaannya yang lebih singkat dan banyak perusahaan yang sering menggunakan
alat tes ini. Berikut penjelasan dari Kreaplin:
Administrasi
Kreaplin
Peralatan
- - Lembar Kraeplin
- - Pensil (HB/2B tidak masalah)
- - Penggarisan
- - Stopwatch
Instruksi
1.
Anda akan menemukan
deretan bilangan dan terbagi dalam lajur-lajur. Tugas anda adalah menjumlahkan
antara SATU bilangan dengan SATU bilangan lain yangtepat berada di atasnya.
2.
Mulailah dari bilangan
paling bawah, dan dari lajur paling sebelah kiri.
3.
Setiap saya katakan
PINDAH, maka anda harus menghentikan kerja anda di satu lajur. Segera pindahlah
ke lajur di sebelah kanannya.
4.
Dan begitu seterusnya
sampai saya katakan selesai.
5.
Katakan pada peserta untuk
MENCORET jawaban bila melakukan kesalahan. Hindari menghapus jawaban karena
memakan waktu.
6.
Jangan lupa: BERI CONTOH
DI PAPAN TULIS
7.
Selalu kerjakan sebanyak
41 lajur. Lajur terakhir adalah cadangan seandainya terdapat parit.
Selain
IQ rata-rata atas, dan kepribadian yang sudah dijelaskan diatas, akan dilihat
juga minat dari para pelamar, apakah minat pada tenaga administrative apa bukan
karena pada posisi ini cenderung lebih ke pada administrative, kerjanya lebih
banyak di dalam ruangan dengan menyeleksi beberapa CV. Untuk mengetahui minat
mereka apa, dapat dilihat dengan menggunakan alat ukur minat dan bakat. Ada banyak
alat ukur dari tes ini, tapi nanti yang akan digunakan hanya satu yaitu “RMIB”.
Mengapa RMIB? Karena alat tes ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan
dengan alat ukur minat dan yang lain, salah satunya yaitu Lebih mudah dikerjakan
oleh subyek, score dapat disusun dengan lebih cepat, lebih cocok diberikan kepada
orang dewasa, hasil keseluruhan menunjukkan pola interest subjek, dapat
diberikan secara klasikal/individual. Berikut penjelasan dari RMIB:
Administrasi
RMIB
Intruksi
1.
Pertama-tama katakan
kepada mereka: “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan keterangan-keterangan
lain mengenai diri sudara di kolom yang sudah disediakan di sebelah atas dalam
formulir”.
2.
Sesudah beberapa saat, di
lanjutkan: “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut” Bunyi
instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan sodara
temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam nenerapa
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan
merukan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian
tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang sodara sukai. akan tetapi
disini sodara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin sodara lakukan
atau paling sodara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan
sodara terima atau apakah sodara akan berhasil dalam mengerjakannya
3. Di beri waktu lagi untuk
beberapa saat, dan….. ;“Ada pertanyaan?” Untuk responden dengan intelejensi yag
rendah dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut:“ Seandainya saudara
mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan
rambutan. dan kemudian saya tanyakan kepada soudara buah mana yang paling anda
sukai. Apabial sodara paling suka buah mangga maka sodara tulis no atau angka 1
di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya,
maka angka sodara tulis angka 2 di belakang nanas. demikian seterusnya sehingga
di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan dari
buah-buah kesukaan sodara.
4.
Apabila tidak terdapat
pertanyan maka instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah
formulir itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberpaa pekerjaan yang
belum atau kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir
formulir ini.
5. Apabila saudara membuat
kesalahan coretlah nomor yang salah tersebut dan tulislah angka ynag benar di
samping angka yang salah. Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan
formulir tersebut.
6.
Kemudian sesudah responden
selesai mengisi atau membuat rengking kepada mereka di instruksikan untuk
menulis 3 jenis pekerjaan yang di sukainya, tidak tergantung pada jenis
pekerjaan yang terdapat di dalam daftar. boleh menulis pekerjaan yang terdapat
dalam daftar boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi
biasanya seorang dewasa dapat mengerjakannya 20 menit.
Berikut
rundown kegiatan yang akan dijalankan:
Waktu
|
Kegiatan
|
12.30 – 12.45
|
Persiapan dokumen, alat test dan peralatan pendukung
|
12.45-13.00
|
CFIT
|
13.00-13.25
|
Kraeplin
|
13.25-13.55
|
RMIB
|
13.55-14.00
|
Penutup
|
*Administrasi
lain-lain
-
peserta data tepat waktu
-
berpakaian rapih (memakai kemeja berkerah dan celana bahan)
-
sepatu tertutup
Nantinya
jika sudah terlihat dari 3 hasil tes diatas, pelamar akan dibagi ke dalam 3
bagian yaitu disarankan, dipertimbangkan, dan tidak disarankan. Setelah itu,
pelamar yang masuk dalam bagian disarankan akan dilakukan seleksi untuk mengikuti
proses interview, dan memilih siapa saja yang akan lolos menempati posisi
tersebut.
Sekian Blog
dari saya, semoga selalu bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar