Senin, 04 April 2016

Pengertian singkat, fungsi, kegunaan serta metode Psikodiagnostik

Hai!! Di blog pertama ini Saya akan lebih sering membahas mengenai Psikodiagnostik, dari mulai pengertiannya, metodenya, sejarah singkatnya dan masih banyak lagi. So..simak baik-baik yaJ
.
.
.
Kalau secara umum Psikodiagnostik itu dapat kita artikan sebagai suatu alat utama yang dapat membantu kita untuk mencari pengertian mengenai tingkah laku manusia. Nah dalam memahami tingkah laku manusia itu ada yang normal dan abnormal, tentu itu bukanlah hal yang mudah. Tentu kita membutuhkan seperangkat persyaratan teoritik, metodik dan ketrampilan pemeriksaan Psikologi.

Menurut Janis (1969), ada dua proses utama dalam Psikodiagnostik, yaitu:
-          Proses informal à pandangan seseorang dalam menilai suatu individu dalam                                                      kesehariannya dan biasanya dapat terjadi                                                                                 kesalahpahaman.
-          Proses formal à melalui kegiatan yang lebih sistematis dan terarah sehingga                                                   dapat diperoleh data yang obyektif dan akurat.



Taugaksih darimana istilah pertama “Psikodiagnostik” berasal?
.
.
Ini dia beliau yang sudah memperkenalkan tesnya sebagai metode Psychodiagnostic (1921) atau yang diberi nama Tes Rorschach à Herman Rorschach
Awalnya itu berkembang dalam bidang klinis saja, tapi seiring berkembangnya zaman diagnosa ini tak lagi hanya berfokus dalam bidang klinis saja tetapi juga dapat diaplikasikan di bidang pekerjaan atau pendidikan.

Nah..sebenarnya ada 3 nih tujuan dari Psikodiagnostik itu sendiri, yaitu:
  •  Klasifikasi: yaitu untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang berhubungan                         pada pendidikan, perkembangan anak, klinis dan juga industri
  • Deskripsi: Penggambaran intensif dari suatu subyek
  • Prediksi: Meramalkan atau memprediksi perkembangan dari klien itu sendiri

Selain tujuan pasti setelah ini tidak jauh-jauh dari membahas fungsi, karena pasti dong tidak akan diciptakannya sesuatu kalau tidak berfungsi, maka ini dia beberapa fungsi dari Psikodiagnostik:
  • -       Agar dapat memahami individu dengan lebih baik lagi dan memberikan perilaku yang paling sesuai dengan dirinya
  • -       Untuk menjabarkan dan pemanfaatan dari tes psikologi itu sendiri
  • -       Penyeleksi kualitas dari tingkahlaku dan kepribadian
  • -       Yang terakhir, untuk mengembangkan kepribadian individu



Psikodiagnosik ini dapat digunakan dalam beberapa setting, mau tau kan apa ajasih? Simak dibawah ini:
1.   Clinnical Setting
Seperti di rumah sakit, rumah sakit jiwa, pusat kesehatan mental, atau klinis konsultan psikologis. Lebih memfokuskan untuk menditeksi gangguan psikis individu (klien), mengukur kemampuan pribadi individu dan menetapkan pola treatment yang efektif.  
2.   Legal Setting
Seperti di pengadilan, pusat rehabilitas, dan lembaga permasyarakatan yang berhubungan dengan masalah kriminal dan kejahatan, seperti penderita narkoba dan sebagainya.
3.   Educational and Vocational Guide Setting
Seperti sekolah, universitas, pusat pelatihan, dan pusat bimbinganh karir. Lebih fokus pada bidang pengembangan studi dan kerja.
4.   Educational and Vocational Selection Setting
Seperti perusahaan, organisasi atau seleksi jabatan, penentuan bidang studi, dan lain sebagainya.
5.   Research Setting
Seperti lembaga penelitian, untuk pengembangan ilmu dan teknik serta metode psikodiagnostik .


Setelah mengetahui kegunaan tadi, kita jadi semakin tau ya.. bahwa Psikodiagnostik ini banyak sekali kegunaan dan fungsinya, dan menurut Saya Psikodiagnostik ini dapat membantu kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Selain banyak membahas pengertiannya, dari manaberasal fungsi dan kegunaannya, masih ada satu lagi nih yang penting dan harus kalian tau, yaitu metode pemeriksaan dalam Psikologi seperti apa sih? Yap..bisa liat dibawah ini:
·         Observasi
Yaitu suatu aktivitas dimana kita melakukan suatu pengamatan pada tingkah laku individu di suatu situasi yang diciptakan atau bisa juga dengan situasi tes yang sedang berlangsung. Nah dalam melakukan observasi ada 4 komponen penting yaitu, where, what, how, and when.
Ada beberapa macam setting dalam observasi, yaiu:
    
                     - Field Setting à situasi dalam keadaan alamiah tanpa ada kontrol                                                                    apapun, dilakukan di tempat individu itu berada.                                                                       Misal: sekolah, rumah sakit.

- Simulated Setting à situasi observasi jika individu mendapat suatu                                                   stimulasi untuk situasi tertentu (tetapi tidak                                                          sepenuhnya dikontrol). Misal: situasi kerja.

- Laboratory Setting à dilakukan dalam suatu laboraturium dengan                                                        menggunakan kontrol tertentu dengan situasi                                                      yang cukup ketat. Misal: eksperimen Bandura                                                     yang ingin mengetahui tingkat agresi pada                                                           anak yang dilihatkan tayangan kekerasan.

Ada dua cara yang dapat kita lakukan dalam melakukan observasi:
Ø  Observasi Partisipan: dilakukan dengan ikut langsung dalam kegiatan yang ingin diobservasi, dan mengamati kegiatan tersebut. Tujuannya untuk mendapatkan hasil observasi yang nyata tanpa dibuat-buat.
Ø  Observasi Non Partisipan: dilakukan dengan mengati dari jauh kegiatan yang ingin diobservasi, peneliti tidak ikut serta dalam kegiatan tersebut, disini peneliti hanya mencatat dan mengamati apa saja kegiatan yang sedang ia observasi.
  
   Walaupun metode ini dilihat cukup baik, namun tetap ada kekurangannya yaitu:    adanya hallo effect, hawthorne effect, refleksi observasi dan pengematan bersifat  seleksi.

·         Inteview
(Sundberg, 1977) menyatakan bahwa interview yaitu suatu situasi pertukaran pandangan antara dua orang yang bertemu. Jadi biasanya dalam interview, akan diajukan beberapa pertanyaan yang telah disusun terlebih dahulu atau langsung ditanyakan secara spontan tapi tetap teratur.

Ada beberapa yang berlu dipertimbangan dalam melakukan interview:
- Timing: yang dimaksud waktu interview yang berjalan harus diatur                             secara tepat, jangan sampai terlalu lama atau terlalu                                      singkat.
-   Content of Interview: yaitu konten dari setiap pertanyaan yang                                                        diajukan kepada yang sedang diinterview,                                                      haruslah disusun dengan jelas dan mudah                                                       dimengerti.
- Mener of Respone: dengan merespon yang baik agar yang diajukan                                             pertanyaan mau menjawab sesuai dengan yang                                             peneliti butuhkan, dan yang diinterview pun                                                     merespon dengan jelas dari setiap pertanyaan                                                yang ada.
- Feedback: selain itu harus ada dtimbal baliknya, untuk peneliti agar                               dari proses interview itu sudah mendapatkan informasi                                   yang dibutuhkan, dan untuk yang di interview sudah bisa                               menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

·         Riwayat Hidup
Suatu proses perkembangan jangka panjang yang terjadi dalam kurun waktu seseorang. Mencakup 3 hal, yaitu: menelusuri tema hidup seseorang (search of themes), sebab-akibat dari gangguan psikis (search of etiology), menelusuri dugaan/prediksi (search of predictor).
Ada 2 metode yang digunakan dalam melakukan metode ini:
-       Metode longitudinal
-       Meode cross-sectional

·         Analisis Dokumen Pribadi
Ada beberapa media yang dapat dilakukan dalam metode ini, yaitu bisa dengan melihat buku harian, surat pribadi, hasil karya subyek, dan juga biografi dari subyek itu sendiri.

Dari beberapa metode pemeriksaan diatas, jika ditanyakan mana yang terbaik dari 4 metode diatas sebenarnya balik lagi pada kebutuhan kita lebih cocon menggunakan metode yang mana, dan jangan sampai salah dalam menggunakan metode.

Yap..akhirnya sampai pada diujung tulisan Saya kali ini, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang atau ingin mempelajari mengenai Psikodiagnostik.

Sampai bertemu ditulisan selanjutnya,


Salam Psikologi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar